Bupati Pringsewu Resmikan Lumbung Pangan Gapoktan Sumber Makmur

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
03 Desember 2021
80 Kali Dilihat


ADILUWIH - Bupati Pringsewu Sujadi meresmikan Lumbung Pangan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur di Pekon Adiluwih, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Lampung, Jumat (3/12/21).

Peresmian lumbung yang dibangun melalui DAK Kementerian Pertanian 2021 ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan prosesi pengguntingan pita.

Bupati Pringsewu berharap keberadaan lumbung tersebut bermanfaat bagi para anggota Gapoktan dan dengan manajemen pengelolaan yang baik tentunya akan dapat terus berkembang, terutama dengan memberdayakan masyarakat sebagai pengelola.

Dikatakan bupati didampingi sejumlah kepala OPD terkait beserta camat dan kapekon setempat, pembangunan lumbung ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperkuat ketersediaan cadangan pangan, terutama beras.

Ketersediaan pangan, kata bupati, menjadi sasaran utama dalam kebijakan pangan, dimana ketersediaan pangan dapat dipenuhi dari tiga sumber, yaitu produksi dalam negeri, pemasukan pangan dan cadangan pangan. "Bilamana terjadi kesenjangan antara produksi dengan kebutuhan pangan di suatu wilayah, dapat diatasi dengan melepas cadangan pangan. Oleh karenanya, cadangan pangan merupakan salah satu komponen penting dalam ketersediaan pangan. Selain itu, juga untuk mengatasi kerawanan pangan yang mungkin terjadi akibat masa panen yang tidak merata, bencana alam, dan lainnya", katanya. (*)



Post Terkait





Kategori