PEMKAB PRINGSEWU GELAR APEL SIAGA PENEGAKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATANDI ERA PANDEMI COVID-19

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
22 Juni 2020
387 Kali Dilihat


PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu sudah mulai menerapkan kembali sistem kerja baru dalam rangka mengahadapi The New Normal Life di tengah pandemi Covid-19. Salah satu wujud pengaplikasiannya adalah dengan menggelar kegiatan Apel Siaga Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Era Pandemi Covid-19. Selain merupakan agenda rutin mingguan yang dilaksanakan di lingkungan Pemkab, pelaksanaan kegiatan ini juga dimaksudkan agar seluruh peserta apel lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan selama mejalankan tugasnya di era pandemi Covid-19.

Apel ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana seluruh peserta apel dan yang hadir tanpa terkecuali, sebelum memasuki lapangan, wajib mencuci tangan menggunakan sabun pada tempat yang telah disediakan, memakai masker, serta diperiksa satu persatu suhu tubuhnya oleh petugas Satgas Terpadu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu. Pada kesempatan tersebut juga di lakukan pemberian bantuan suplemen vitamin secara simbolis kepada perwakilan ASN, anggota Polri, prajurit TNI serta unsur masyarakat oleh Wabup Pringsewu didampingi Kapolres dan Dandim serta unsur Muspida lainnya.

Bertempat di lapangan Pemkab Pringsewu, Senin (22/06/2020), kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, Dandim 0424 Letkol Inf. Arman Aris Sallo beserta jajaran muspida dan instansi vertikal lainnya, para kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan para Camat se-Kabupaten Pringsewu, serta diikuti oleh peserta apel yang merupakan Aparatur Sipil Negara, anggota Kepolisian, prajurit TNI, APDESI, dan juga elemen masyarakat Pringsewu.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA yang bertindak sebagai pembina apel, dalam amanatnya menyampaikan bahwa pandemi yang masih terjadi hingga saat ini hendaknya tidak menjadi suatu penghambat tugas kita sebagi pelayan masyarakat. Dr.H.Fauzi juga mengatakan beradaptasi dan hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan sesuatu yang mudah dilakukan, oleh karena itu WHO menyarankan untuk memulainya dengan menerapkan pola hidup The New Normal atau Tatanan Baru, yaitu bagaimana agar masyarakat dapat produktif dan beraktivitas secara normal, dengan tetap menerapkan seluruh protokol kesehatan, agar terhindar dari penularan Covid-19.

Adapun penerapan protokol kesehatan di tempat kerja yang harus menjadi perhatian bersama, kata Fauzi, diantaranya dengan mewajibkan seluruh pegawai untuk memakai masker, memastikan suhu tubuh tidak melebihi 37.5°C, menyediakan sarana cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, melakukan pengaturan jumlah orang dalam ruangan kerja, melakukan pembersihan atau steriliasi secara umum terhadap sarana dan prasarana kerja, menghidari kerumunan sosial dan menjaga jarak minimal 1 meter, mencuci tangan setelah menyentuh barang atau objek yang disentuh oleh orang lain, menjaga kebersihan area kerja dan melakukan disinfeksi secara berkala, apabila sakit atau ada gejala batuk, flu, dan demam, maka pegawai disarankan untuk bekerja dari rumah, tidak meludah, batuk, dan bersin secara sembarangan, melainkan menggunakan tissue serta menutup hidung dan mulut, dan yang terakhir adalah membungkus tissue bekas pakai dalam kantong plastik sebelum dibuang ke tempat sampah yang tertutup.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Pringsewu juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para petugas Satgas Terpadu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu atas dedikasinya sehingga penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pringsewu dapat ditekan.

Terkait kegiatan keagamaan, Wabup juga menggatakan pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Pringsewu No.15 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman di Masa Pandemi Covid-19, yang diharapkan menjadi pedoman seluruh tempat ibadah dalam menjalankan aktivitas ibadah agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Termasuk, himbauan kepada seluruh pelaksana sektor layanan publik, pelaku usaha, pasar, pertokoan, mall, pendidikan, pariwisata dan lainnya, agar berpatisipasi dengan terus menerapkan dan memfasilitasi semua kebutuhan penunjang sesuai ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, setelah pelaksanaan apel, dilakukan peninjauan langsung terkait penerapan tatanan normal baru tersebut di pasar tradisional, masing-masing di Pasar Pringsewu dan Gadingrejo. Wabup didampingi Kapolres serta Dandim juga menghimbau masyarakat serta pengunjung untuk selalu mengenakan masker serta menjaga jarak, dan lainnya. (Diskominfo/Tri)



Post Terkait





Kategori