Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
17 Agustus 2022
354 Kali Dilihat


PRINGSEWU - Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Pringsewu digelar di lapangan pemkab setempat, Rabu (17/08/22) dengan inspektur upacara Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah. Sedangkan perwira upacara adalah Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri dan komandan upacara Kanit Tipikor Sat Reskrim Ipda Yosi Rizal. Kemudian sebagai pembaca teks proklamasi yakni Ketua DPRD Pringsewu Suherman serta doa oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu A.Rifai.

Upacara peringatan HUT ke- 77 RI yang mengangkat tema 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat' ini diikuti Aparatur Sipil Negara, kepolisian, TNI, pelajar dan mahasiswa, Pramuka serta ormas, dihadiri Bupati Pringsewu periode 2017-2022 Sujadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, anggota Legiun Veteran RI, Ketua TP-PKK dan DWP serta berbagai elemen masyarakat Pringsewu. Termasuk anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pringsewu.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah membacakan amanat tertulis Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan sejak Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908 dan kelahiran Provinsi Lampung pada 18 Maret 1964 saat ini pembangunan secara nasional khususnya di provinsi dan kabupaten/kota sudah berlari dengan terus menjaga ritme semangat kerja dan budaya inovasi kerja.

Dinamika perkembangan indikator makro sosial ekonomi Provinsi Lampung 2022 sudah menunjukkan arah perbaikan. Kondisi tersebut didukung dengan pertumbuhan positif perekonomian Lampung Triwulan II-2022 (quarter to quarter) 9,12% tertinggi di Indonesia. "Demikian pula dengan perkembangan tingkat harga secara umum, laju inflasi bulanan Provinsi Lampung pada Januari hingga Juni 2022 berada pada level 0,40 hingga 1,20%. Kondisi tersebut tentunya menjadi momentum yang baik untuk mendorong pemulihan ekonomi yang kita harapkan", ujarnya.

Dikatakan, secara nasional presiden juga menegaskan inflasi berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%, dimana angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7% dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%. Bahkan, sampai pertengahan 2022 ini, APBN juga surplus Rp 106 triliun. "Oleh karena itu, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG dan listrik sebesar Rp 502 triliun di tahun 2022 ini, agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi", katanya.

Selain itu, lanjut Adi Erlansyah membacakan amanat Gubernur Lampung, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44% pada kuartal II 2022 ini. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplus sekitar Rp 364 triliun. Capaian tersebut menurutnya patut disyukuri, dimana fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak.

Selanjutnya, indikator yang terkait kesejahteraan masyarakat secara umum juga menunjukkan bahwa data tingkat kemiskinan Provinsi Lampung mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 12,76% Maret 2021 menjadi 11,57% di bulan Maret 2022 atau menurun 81 ribu jiwa. "Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2022 yang tercatat sebesar 4,31% yang berarti turun dibandingkan dengan keadaan pada Agustus 2021 yang sebesar 4,69%. Data tersebut telah memberi gambaran adanya perbaikan kualitas hidup masyarakat Lampung secara umum", ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur melalui Penjabat Bupati Pringsewu juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh bupati/walikota, forkopimda, para pimpinan partai politik, para wakil rakyat, perguruan tinggi, pelaku Industri dan UMKM, tokoh masyarakat, awak media, aparat TNI dan Polri, para ASN, tenaga kesehatan, relawan medis, para guru serta seluruh masyarakat Lampung yang turut berpartisipasi membangun Lampung di berbagai bidang.

Dan berharap peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI dapat dijadikan titik awal dalam meningkatkan kinerja, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan yang telah gugur. ”Dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Tangguh, Indonesia Maju – Lampung Berjaya", pungkasnya.

Selain menggelar upacara peringatan HUT ke- 77 RI dan upacara penurunan bendera di lapangan pemkab setempat, Penjabat Bupati Pringsewu beserta Ketua DPRD, Sekda dan jajaran Forkopimda Pringsewu malam sebelumnya juga menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci, berziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pejuang Purna Yudha Bhakti, Keputran, Pringsewu, serta mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta secara virtual dari Aula Utama Pemkab Pringsewu. Serta ramah tamah antara pemerintah daerah dan forkopimda dengan para Legiun Veteran RI di lobi Kantor Pemkab Pringsewu. (*/Diskominfo Pringsewu)



Post Terkait





Kategori