PRINGSEWU MENUJU SMART CITY

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
07 September 2017
187 Kali Dilihat


 

Pringsewu - Pringsewu berencana membangun Smart City, dengan dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pringsewu, mengadakan acara pertemuan dengan pihak ketiga yaitu PT. Telkom wilayah Bandar Lampung, dalam pertemuan tersebut yang berlokasi di Aula besar Bupati, dihadiri dari berbagai kalangan, diantaranya Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Anggota Dewan, Kepala OPD Pringsewu, dan Camat.

  Acara tersebut dibuka langsung Oleh Wakil Bupati Pringsewu, H. Fauzi, Beliau berpandangan " Kabupaten Pringsewu sudah waktunya membangun Smart City, walaupun tidak langsung tetapi secara bertahap, tetapi seluruh kalangan harus mempunyai satu pandangan yang sama tentang Smart City, supaya bisa berjalan dengan yang diharapkan" tegasnya. Masyarakat Perlu mengetahui, apakah yang dimaksud Smart City ? Smart city merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan effisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tek terduga sebelumnya.     Smart city merupakan sebuah impian dari hampir semua Negara di dunia. Dengan Smart City, berbagai macam data dan informasi yang berada di setiap sudut kota dapat dikumpulkan melalui sensor yang terpasang di setiap sudut kota, dianalisis dengan aplikasi cerdas, selanjutnya disajikan sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui aplikasi yang dapat diakses oleh berbagai jenis gadget. Melalui gadgetnya,secara interaktif pengguna juga dapat menjadi sumber data, mereka mengirim informasi ke pusat data untuk dikonsumsi oleh pengguna yang lain. Konsep Smart City:
  • Sebuah  kota  berkinerja  baik  dengan  berpandangan  ke  dalam  ekono mi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, lingkungan hidup
  • Sebuah  kota  yang  mengontrol  dan  mengintegrasi  semua  infrastruktur termasuk jalan, jembatan, terowongan, rel, kereta bawah tanah, bandara, pelabuhan,  komunikasi,  air,  listrik,  dan  pengelolaan  gedung. Dengan begitu  dapat  mengoptomalkan  sumber  daya  yang  dimilikinya  serta merencanakan  pencegahannya.  Kegiatan  pemeliharaan  dan  keamanan dipercayakan kepada penduduknya.
  • Smart  city  dapat  menghubungkan  infrastuktur  fisik,   infrastruktur  IT, infrastruktur  social,  dan  bisnis  infrastruktur  untuk  meningkatkan kecerdasan kota.
  • Smart city membuat kota lebih efisien dan layak huni
  • Penggunaan smart computing untuk membuat smart city dan fasilitasnya  meliputi  pendidikan,  kesehatan,  keselamatan  umum,  transportasi  yang  lebih cerdas, saling berhubungan dan efisien.
 



Post Terkait





Kategori