Wabup Membuka SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 di Kabupaten Pringsewu

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
14 September 2021
32 Kali Dilihat


PRINGSEWU - Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Tahun 2021 di Kabupaten Pringsewu yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia di Hotel Regency Pringsewu, Selasa (14/09/2021) malam.

Turut menghadiri kegiatan ini yaitu Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, S.H., LL.M., Ph.D., Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiryah, S.H.I., M.H., Sekretaris Bawaslu Provinsi Lampung Widodo, Wuryanto, S.I.P., M.Si., dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu M.Fathul Arifin, S.Pd.I.

SKPP yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kedepan ini, diikuti oleh sebanyak 90 (sembilan puluh) orang peserta dari tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Pringsewu (33 orang), Kabupaten Pesisir Barat (25 orang) dan Kabupaten Tanggamus (32 orang).

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Fauzi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya pelatihan SKPP oleh Bawaslu RI. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu maupun Pilkada. Terlebih, rangkaian persiapan Pemilu Tahun 2024 juga akan dimulai.

Kegiatan SKPP ini juga selaras dengan Undang-undang No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. "SKPP ini merupakan tahapan awal dari pelatihan sebagai Kader Pengawas Partisipatif yang nantinya akan dilanjutkan dengan pelatihan tingkat lanjutan, yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas demokrasi yang ditentukan oleh tingkat partisipasi masyarakat", katanya.

Wabup mengatakan, partisipasi di sini tidak hanya sekedar hadir ketika pelaksanaan pemungutan suara, tetapi bagaimana mengawal jalannya pelaksanaan Pemilu tersebut agar berlangsung secara jujur dan adil, sehingga menghasilkan pemimpin yang amanah demi kemajuan bangsa dan negara.

Wakil Bupati Pringsewu juga mengingatkan kepada seluruh peserta SKPP untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan tersebut berlangsung, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.



Post Terkait





Kategori