Kabupaten Pringsewu

Pemkab Pringsewu Gelar Rakor Penguatan Kapasitas SDM Program Keluarga Harapan

PRINGSEWU - Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Pringsewu 2024, dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pringsewu Ihsan Hendrawan, mewakili Pj. Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan di Regency Hotel Gadingrejo, Senin (8/7/2024).

Membacakan sambutan tertulis Pj. Bupati Pringsewu, Ihsan Hendrawan mengingatkan para pendamping sosial PKH bahwa pesan terpenting dalam PKH  adalah pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai tingkat pekon hingga RT, agar program tersebut mampu memberikan dampak langsung terhadap perubahan sikap dan perilaku masyarakat miskin, dukungan dan komitmen dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Serta komitmen SDM PKH dalam mengelola dan melaksanakan tugas, dan tentunya agar bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait dan masyarakat, agar pelaksanaan Program PKH dapat berjalan baik sehingga memberi dampak penurunan angka kemiskinan," ujarnya. 

Saat ini, lanjutnya, PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence dalam penanggulangan kemiskinan, yang merupakan upayauntuk mesinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

"Melalui PKH, keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan dan pendampingan termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya, yang merupakan program komplementer berkelanjutan," katanya. 

Selain itu, PKH juga berupaya menjangkau para penyandang disabilitas dan lanjut usia untuk mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi.

"Saya berharap, rakor hari ini dapat meningkatkan kapasitas dalam melakukan pendampingan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan KPM PKH pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Pringsewu pada umumnya," pungkasnya.

Rakor Penguatan Kapasitas SDM Program Keluarga Harapan dihadiri Kadis Sosial Kabupaten Pringsewu Debi Hardian beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, koordinator serta pendamping sosial PKH se-Kabupaten Pringsewu. (*/ Isnanto Hapsara/ Diskominfo Pringsewu)